Langsung ke konten utama

Self Love, Cara Mencintai Diri Sendiri

Source : Unsplash

CATATANLIAN – Salah satu cara untuk menemukan diri sendiri dalam versi terbaik adalah dengan cara mencintai diri sendiri. Dengan cara ini, kita akan menemukan hasil yang manis dari apa-apa yang sudah kita lakukan. Namun, terkadang untuk mencintai diri sendiri akan lebih sulit daripada mencintai orang lain karena ada suatu hal yang tidak kita ingin dalam diri yang menjadikan kita dalam keadaan kondisi yang sekarang.

Bisa jadi karena memiliki berat badan yang berlebih, belum memiliki pekerjaan, melihat teman-teman yang sudah sukses, dan lain-lain. Hal ini yang membuat kita tidak puas dengan apa yang terjadi dengan diri kita saat ini dan dengan hal itu kita jadikan patokan bahwa “aku harus jadi seperti mereka”. Padahal mencintai diri sendiri sangat penting, seperti halnya menjalin hubungan baik dengan orang lain.

Dengan mencintai diri sendiri kita dapat menerima keadaan dari diri kita yang sekarang apa adanya, tidak merasa rendah diri dan tidak akan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Dan juga dapat membebaskan kita dari beban sosial serta bisa lebih fokus dengan apa yang kita miliki sekarang bukan apa yang dimiliki orang lain.

Ketika kita sudah bisa menerima diri kita sendiri, akan membuat kita lebih peracaya diri dan semakin bijaksana dalam mengambil keputusan.

Kenapa Kita Harus Self Love?

Self love atau mencintai diri sendiri bukan berarti kita memiliki sikap yang egois. Akan tetapi, kita akan menerima semua kelebihan yang ada di diri kita tanpa merasa sombong dan juga terbuka akan semua kekurangan tanpa menyembunyikannya.

Secara sederhana, kita mecintai diri sendiri harus dengan sepenuh hati dengan memenuhi semua kebutuhan diri dan tidak mengorbankan kesejahteraan diri demi membuat orang lain senang. Lebih baik mengutamakan diri sendiri, percaya dengan diri sendiri, jujur dan berusaha untuk tidak membohongi diri sendiri dan memaafkan diri sendiri. Dengan itu, kita dapat mendatangkan banyak mafaat untuk diri dan orang disekitar kita.

Itu sebabnya kita tidak boleh membandingkan diri kita dengan orang lain. Hal ini akan membuat kesehatan mental dan fisik kita juga lebih baik, karena kesehatan mental yang akan membuat hidup kita lebih nyaman, tentram, senang dan bahagia.

Bagaimana Cara Untuk Mencintai Diri Sendiri?

Mencintai diri sendiri bukanlah hal yang mudah, kita perlu membangun beberapa hal yang dapat berguna untuk diri sendiri. Kita dapat memulainya dengan cara sederhana, yaitu :

1. Kenali Diri Terlebih Dahulu

Mempraktikkan self love atau mengenali diri sendiri dapat dilakukan dengan cara mencoba berkomunikasi dan berdamai dengan diri sendiri, serta menemukan jawaban yang selalu mengganjal pada diri sendiri, misalnya ingin menjadi apa, apa yang menjadi ketakutan tersebesar serta kekurangan dan kelebihan yang ada apa diri kita.

2. Penuhi Kebutuhan Diri Dengan Baik

Kita dapat memperlakukan diri dengan baik, seperti memperhatikan kebutuhan fisik kita, mental, psikologis, menjaga kesehatan tubuh dan lain-lain. Mencintai diri tidak hanya tentang penerimaan diri, tetapi juga tentang melakukan hal yang terbaik untuk tampil jadi yang lebih baik.

Pola hidup sehat yang di praktikkan merupakan sebuah apresiasi dan anugrah untuk diri sendiri, dengan menjaga kesehatan mulai dari, berusaha tidur cukup 7-8 jam setiap malam, makan teratur 3 kali sehari, berolahraga dan memanfaatkan waktu luang juga akan menghindarkan diri dari rasa stress. Menghilangkan stress bisa juga dengan cara melakukan ibadah dan meditasi

3. Mengurangi Penggunan Gadget

Penggunaan gadget yang berlebihan, entah itu sedang bekerja atau pun yang lainnya, ini dapat menguras pikiran kita. Untuk itu, kita dapat mengurangi gadget tersebut dengan beraktivitas yang prositif atau bertemu dengan teman-teman.

4. Memberikan Waktu Untuk Diri Sendiri

Meluangkan waktu untuk diri sendiri atau yang disebut me time, merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Karena dengan cara ini kita bisa melakukan hal-hal yang kita sukai seperti membaca buku, traveling atau yang lainnya guna melepas penat.

5. Mengungkapkan Isi Hati

Jika kita merasa sedih, kecewa, marah dengan kejadian-kejadian yang terjadi pada diri kita. Sebisa mungkin untuk mengungkapnya jangan di pendam sendiri. Jika tidak ada teman curhat, bisa berbicara ke orang tua, meluapkan semuanya ke buku diary atau bisa berbicara sendiri di dalam hati, di kamar mandi atau saat sedang bercermin. Ketika sedang berbicara sendiri, mencoba tempatkan diri sendiri sebagai orang lain, dengan obrolan-obrolan yang kita luapkan pada diri sendiri secara tidak langsung membuat diri kita menjadi objektif dan dapat lebih fokus serta mendapatkan motivasi untuk bangkit menjadi lebih baik lagi.

6. Membuang Pikiran-Pikiran Yang Negatif

Biasanya pikiran negatiflah yang membuat kita merasa tersiksa dan merasa lebih rendah dari orang lain. Untuk itu, cobalah untuk selalu berpikir positif tentang diri kita, tentang kelebihan kita. Dari situ kita bisa mencintai diri sendiri. Untuk mengurangi pikiran-pikiran negatif ini kita bisa mengontrol diri dari membuka sosial media yang sekiranya menimbulkan pikiran negatif itu datang.

7. Berbaur Dengan Teman-teman Yang Memberikan Nilai Positif Untuk Diri Kita

Dengan kita berbaur diantara teman-teman yang memiliki pemikiran positif akan membawa dampak positif juga untuk diri kita dan menjadikan diri kita lebih baik lagi. Namun, jika kita di lingkungan yang toxic itu akan menjadikan diri kita rugi, dari yang sebenarnya bisa memanfaatkan waktu luang untuk membangun diri atau personal branding, justru akan terbuang sia-sia jika kita berada di lingkungan yang toxic.

Baca juga : Tips Membangun Personal Branding Untuk Karir Yang Cemerlang

8. Jangan Terlalu Memikirkan Pendapat Orang Lain Tentang Diri Kita

Harus diingat bahwa dalam hidup kita tidak mungkin bisa membuat semua orang bahagia. Oleh karena itu, jangan membebani pikiran kita dengan pendapat-pendapat orang lain yang bahkan orang itu tidak penting dalam hidup kita, sebaiknya kita abaikan saja omongan-omangan orang itu, anggap saja sebagai angin lalu.

9. Berdamai Dengan Rasa Takut Yang Ada Pada Diri Kita

Setiap orang pasti memiliki rasa takut pada dirinya. Baik itu takut untuk melakukan sesuatu yang lebih atau yang lainnya. Tetapi, kita harus lawan rasa takut itu, mencoba mengatasinya dan jangan menghindar. Dari situ, kita dapat menganalisis penyebab apa yang membuat kita takut setelah itu kita dapat mencari solusi supaya perasaan takut itu tidak menjadi beban pikiran kita.

10. Belajar Untuk Berani Mengambil Keputusan Sendiri

Jika kita selalu ragu dalam mengambil keputusan, ada baiknya kita mencintai diri sendiri terlebih dahulu. Karena dengan mencintai diri sendiri, secara alami kita akan lebih memahami semua hal yang baik dan cocok untuk diri sendiri. Hal ini akan mendorong kita untuk lebih berani dalam pemgambilan keputusan dengan semua resiko yang mungkin terjadi.


Komentar

  1. memang kadang pengaruh banget ya kalau circle kita isinya "negatif" mulu, kitanya jadi ikutan "nggak sehat". Self Love ini perlu banget menurutku, paling nggak kita tau gimana cara mencintai diri kita sendiri versi kita, terus belajar juga gimana mencintai orang lain dan memperlakukan dengan baik

    BalasHapus
  2. Mencintai diri sendiri bukankan bentuk dari sifat egoistis?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Tentang Affiliate Marketing! Definisi, Cara dan Tips

source : unsplash CATATANLIAN – Istilah affiliate marketing memang sering kita dengar, apalagi kita yang berkecimpung pada dunia bisnis online. Affiliate marketing adalah salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar, secara online dan dalam waktu yang relatif singkat. Affiliate marketing selalu mengarah pada penggunaan afiliasi untuk membantu penjual atau produsen menawarkan atau mempromosikan produk dan layanan kepada calon pembeli atau konsumen. istilah yang sangat populer saat ini adalah endorsement dan paid promote yang banyak dilakukan oleh kalangan anak muda sekarang karena penghasilannya yang sangat menguntungkan. Program affiliate marketing sangat cocok untuk orang-orang yang sangat aktif di media sosial dan memiliki kemampuan untuk membuat konten yang menarik. Yang Dimaksud Affiliate Marketing Affiliate marketing dapat didefinisikan sebagai sistem bisnis yang dimana kita mempromosikan sebuah produk atau layanan dari suatu perusahaan dan ak

Tahapan Strategi Periklanan yang Efektif Dalam Pemasaran Suatu Perusahaan

source : unsplash CATATANLIAN – Periklanan atau advertisement merupakan bagian penting dari setiap strategi periklanan atau branding dan pemasaran suatu produk bisnis. Baik itu menggunakan pemasaran tradisional maupun pemasaran digital untuk mempromosikan atau mengiklankan produk utama yang sudah ada atau produk yang baru diluncurkan oleh suatu perusahaan. Dengan penerapan strategi periklanan yang benar dan efektif, dapat memberikan laba atau keuntungan yang cukup besar bagi suatu perusahaan. Strategi periklanan memungkinkan suatu perusahaan untuk mencapai target pasar yang cocok atau sesuai dengan brand ( prospecting ), membangkitkan minat pelanggan ( customer touch point ) dan mendatangkan brand awareness di kalangan pelanggan. Strategi ini dapat membantu pemasar untuk mengubah prospek (konversi prospek) menjadi pelanggan yang akan membeli atau sales lead dan dapat meingkatkan penjualan serta pendapatan bisnis. Pengertian Strategi Periklanan Strategi periklanan adalah serangka

Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar, Definisi, Tujuan, Jenis dan Syarat

source : unsplash CATATANLIAN – Segmentasi pasar merupakan bagian penting dari bisnis yang dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan. Pada dasarnya, segmentasi pasar merupakan strategi bisnis untuk lebih mengenal target konsumen supaya bisnis dapat berjalan dengan baik. Sebelum membahas lebih lanjut definisi segmentasi pasar, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan pasar. Pada umumnya, pasar merupakan tempat jual beli atau tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk mengadakan transaksi. Namun, pada konteks pemasaran atau pada segmentasi pasar ini, definisi pasar berbeda dengan definisi pasar pada umumnya. Menurut Solomon and Stuart, 1997, p. 7. Pasar merupakan semua pelanggan dan pelanggan potensial yang mempunyai kebutuhan umum yang sama dan dapat dipenuhi dengan suatu produk spesifik, sumber-sumber (uang atau barang) untuk ditukarkan, kemauan untuk menciptakan pertukaran dan wewenang untuk menciptakan pertukaran. Sedangkan menurut Churchil