Langsung ke konten utama

Memahami Tentang Affiliate Marketing! Definisi, Cara dan Tips

source : unsplash

CATATANLIAN – Istilah affiliate marketing memang sering kita dengar, apalagi kita yang berkecimpung pada dunia bisnis online. Affiliate marketing adalah salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar, secara online dan dalam waktu yang relatif singkat.

Affiliate marketing selalu mengarah pada penggunaan afiliasi untuk membantu penjual atau produsen menawarkan atau mempromosikan produk dan layanan kepada calon pembeli atau konsumen. istilah yang sangat populer saat ini adalah endorsement dan paid promote yang banyak dilakukan oleh kalangan anak muda sekarang karena penghasilannya yang sangat menguntungkan. Program affiliate marketing sangat cocok untuk orang-orang yang sangat aktif di media sosial dan memiliki kemampuan untuk membuat konten yang menarik.

Yang Dimaksud Affiliate Marketing

Affiliate marketing dapat didefinisikan sebagai sistem bisnis yang dimana kita mempromosikan sebuah produk atau layanan dari suatu perusahaan dan akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian produk yang terjadi. Komisi yang didapatkan sebagai affiliate bervariasi, dihitung berdasarkan persentase dari harga produk yang dijual. Pada umumnya, komisi atau keuntungan dihitung berdasarkan penjualan, namun ada yang dihitung berdasarkan prospek, jumlah klik pada tautan, dan unduhan aplikasi.

Pemisalan, seseorang telah berhasil menjual produk ke konsumen, maka dia akan langsung menerima komisi dari hasil penjualan. Baik itu berupa uang atau aset berharga lain dari hasil penjualan produk.

Bagaiman Cara Kerja Program Affiliate Marketing?

Secara singkat cara kerja affiliate marketing yaitu, kita membagikan link tautan dan mendapatkan komisi saat ada konsumen atau pembeli yang melakukan pembelian melalui tautan yang kita bagikan. Untuk lebih detail mengenai cara kerja affiliate akan dibahas dibawah ini :

1. Melakukan Pendaftaran Untuk Program Affiliate Marketing

Jika ingin menjadi affiliator, kita harus mendaftar pada program affiliate marketing terlebih dahulu, melalui website yang sudah disediakan oleh perusahaan. Caranya bisa mencari di browser kita dengan mengetikan kalimat “affiliate marketing (nama perusahaan)". Setelah itu akan kuncul link yang akan membawa kita ke halaman pendaftaran. Sebagai contoh, jika ingin mendaftar affiliate di shopee, kita langsung dapat masuk ke aplikasi shopee kemudian ke menu shopee affiliate marketing, melalui menu ini kita langsung diminta untuk mengisi data-data yang diperlukan untuk menjadi shopee affiliate.

Setelah memenuhi syarat untuk menjadi affiliator, kita akan menerima tautan affiliasi yang memiliki ID khusus yang akan mencatat informasi-informasi transaksi yang terjadi melalui tautan tersebut.

2. Membagikan Link Affiliasi

Setelah mendapatkan tautan affiliasi, kita dapat membagkan tautan itu ke sosial media yang kita punya seperti situs web atau blog pribadi, instagram, tiktok, facebook dan lain-lain. Atau dapat membagikan tautan tersebut kepada orang-orang terdekat. Kita dapat menarik calon pembeli dengan membuat konten yang menarik dan memberikan tautan affiliasi yang nantinya akan mengarah ke toko online tertentu.

3. Calon Pembeli Mengklik Tautan dan Membeli Produk

Saat tautan sudah dibagikan di berbagai platform sosial media, calon pembeli akan mengklik tautan dan diarahkan ke halaman produk untuk membeli produk yang ditawarkan.

4. Transaksi Yang Masuk Akan Tercatat Oleh Affiliate Network

Calon pembeli yang sudah mengklik tautan dan membeli produk melalui tautan yang kita bagikan, maka transaksi tersebut akan tercatat oleh affiliate network.

5. Konfirmasi Pembelian dan Komisi

Penjual akan memberikan konfirmasi kepada affiliator tentang selesainya proses pembelian dan pengiriman produk kepada konsumen. Kemudian, affiliator akan menerima komisi atau keuntungan dari pembelian setiap produk yang terjadi. Komisi yang didapatkan berbeda-beda, dihitung berdasarkan persentase harga produk. Bisa mendapatkan 5%, 10%, 12% dari harga produk.

Baca juga : Mengenal Apa Yang Dimaksud Digital Platform

Tips Agar Sukses Menjadi Affiliate Marketing

1. Memilih dan Mendaftar Pada Program Affiliasi Yang Terbaik

Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan program affiliasi untuk meningkatkan penjualan produknya, maka kita harus bisa memilih produk dari perusahaan mana yang cocok dengan audiens yang kita targetkan.

2. Memahami Target Audiens dan Membangun Hubungan Yang Positif

Sangat penting untuk kita memahami target audiens. Melalui cara ini kita dapat memilih produk yang akan kita tawarkan dan sesuai dengan target audiens kita. Banyak cara untuk memahami audiens, salah satunya yaitu mengikuti forum khusus guna mencari informasi apa yang biasanya audiens tanyakan tentang produk yang akan kita rekomendasikan.

3. Memberikan Ulasan Produk atau Layanan Yang Menarik

Supaya target audiens tertarik dan percaya dengan produk atau layanan yang kita tawarkan, kita perlu memberikan ulasan terbaik dan semenarik mungkin. Contohnya kita dapat membandingkan ulasan produk yang serupa namun beda merek. Hal ini akan memberikan kemudahan pada calon pembeli untuk memilih produk yang akan dibelinya.

4. Membuat Konten Yang Menarik dan Berkualitas

Untuk membuat target audiens tertarik pada produk yang kita tawarkan, kita harus membuat konten yang dapat menarik audiens tersebut. Untuk menjadi affliliator, kita tidak hanya fokus pada komisi saja, tetapi kita juga harus fokus bagaimana cara untuk mendatangkan calon pembeli agar membeli melalui link affliasi yang kita punya.

5. Tetap Up To Date Dengan Trend

Menjadi affliliator, secara tidak langsung kita juga akan bersaing dengan affiliator-affiliator yang lainnya. Untuk itu, penting juga untuk kita mengikuti trend yang sedang berkembang atau yang sedang diminati oleh masyarakat saat ini.

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Affiliate Marketing!

Kelebihan :

  • Untuk program affiliate marketing biasanya tidak membutuhkan modal yang banyak atau bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali atau gratis.
  • Sangat cocok untuk pemula yang ingin menjelajahi dunia bisnis, karena termasuk model bisnis yang mudah untuk dipelajari.
  • Merupakan salah satu program yang menguntungkan dan peluang berpenghasilan tinggi.
  • Sistem pekerjaan yang fleksibel, bersifat opsional dan dapat disesuikan dengan keinginan diri sendiri.
  • Model bisnis yang memberikan peluang untuk semua kalangan yang ingin mencobanya dan akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar juga.
  • Semakin banyak perusahaan yang membuka jasa affiliate marketing, maka semakin banyak juga produk yang ditawarkan.

Kekurangan :

  • Penghasilan tidak tetap, karena penghasilan diperoleh berdasarkan komisi.
  • Salah satu pekerjaan yang membutuhkan kesabaran dan kerja keras supaya produk yang kita tawarkan dapat diterima oleh konsumen atau calon pembeli.
  • Meningkatnya popularitas affiliate marketing banyak perusahaan yang menggunakan model bisnis ini untuk menawarkan produk yang dijualnya.
  • Semakin banyak perusahaan yang menggunakan program affilasi, akan semakin banyak macam-macam produk yang akan dijual. Hal ini akan menyulitkan affiliator untuk menemukan produk yang sesuai dengan preferensinya.

Kesimpulannya jika anda ingin mendaftar affiliate marketing, anda harus mencari perusahaan yang baik, yang sesuai dengan target audiens anda, dan konsisten untuk membuat konten yang menarik agar bisa mendapatkan penghasilan.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tahapan Strategi Periklanan yang Efektif Dalam Pemasaran Suatu Perusahaan

source : unsplash CATATANLIAN – Periklanan atau advertisement merupakan bagian penting dari setiap strategi periklanan atau branding dan pemasaran suatu produk bisnis. Baik itu menggunakan pemasaran tradisional maupun pemasaran digital untuk mempromosikan atau mengiklankan produk utama yang sudah ada atau produk yang baru diluncurkan oleh suatu perusahaan. Dengan penerapan strategi periklanan yang benar dan efektif, dapat memberikan laba atau keuntungan yang cukup besar bagi suatu perusahaan. Strategi periklanan memungkinkan suatu perusahaan untuk mencapai target pasar yang cocok atau sesuai dengan brand ( prospecting ), membangkitkan minat pelanggan ( customer touch point ) dan mendatangkan brand awareness di kalangan pelanggan. Strategi ini dapat membantu pemasar untuk mengubah prospek (konversi prospek) menjadi pelanggan yang akan membeli atau sales lead dan dapat meingkatkan penjualan serta pendapatan bisnis. Pengertian Strategi Periklanan Strategi periklanan adalah serangka

Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar, Definisi, Tujuan, Jenis dan Syarat

source : unsplash CATATANLIAN – Segmentasi pasar merupakan bagian penting dari bisnis yang dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan. Pada dasarnya, segmentasi pasar merupakan strategi bisnis untuk lebih mengenal target konsumen supaya bisnis dapat berjalan dengan baik. Sebelum membahas lebih lanjut definisi segmentasi pasar, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan pasar. Pada umumnya, pasar merupakan tempat jual beli atau tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk mengadakan transaksi. Namun, pada konteks pemasaran atau pada segmentasi pasar ini, definisi pasar berbeda dengan definisi pasar pada umumnya. Menurut Solomon and Stuart, 1997, p. 7. Pasar merupakan semua pelanggan dan pelanggan potensial yang mempunyai kebutuhan umum yang sama dan dapat dipenuhi dengan suatu produk spesifik, sumber-sumber (uang atau barang) untuk ditukarkan, kemauan untuk menciptakan pertukaran dan wewenang untuk menciptakan pertukaran. Sedangkan menurut Churchil