Langsung ke konten utama

Mengenal Apa Yang Dimaksud Digital Platform!

 

CATATANLIAN – Kata digital platform sudah tidak asing ditelinga kita akhir-akhir ini. Derasnya arus digitalisasi pada seluruh aspek kehidupan saat ini yang membuat kondisi menjadi seperti yang kita lihat sekarang. Adanya proses digitalisasi yang menyebar luas dengan sangat cepat membuat perusahaan-perusahaan menciptakan platform-platform baru yang memfasilitasi penggunanya dengan fitur-fitur yang menarik dan sesuai kebutuhannya.

Akibat proses digitalisasi yang terjadi dan berakhir menciptakan platform baru, hal ini mau tak mau harus dilakukan atau diikuti arus perkembangannya oleh manusia saat ini. Jika tidak mengikuti arus digitilasisasi, beberapa kegiatan manusia di berbagai bidang akan terbengkalai. Untuk itu, proses digitalisasi harus di dorong supaya dapat berlangsung secara cepat dan efektif.

Walaupun kehadiran platform digital sudah ada pada beberapa tahun terakhir, namun masih banyak masyarakat yang belum paham akan istilah ini. Ketidaktahuan ini akan mengakibatkan munculnya dampak negatif dengan adanya kesalahan masyarakat pada saat melakukan transformasi digital.

Platform digital dapat diartikan sebagai tempat, wadah atau ruang yang memungkinkan para pihak bertemu untuk bertukar informasi, berbisnis atau memberikan layanan dan jasa. Berkat platform digital, semua kegiatan di atas dapat dilakukan dalam satu tempat, yang secara langsung mempertemukan penjual dan pembeli, penyedia dan penerima informasi, atau penyedia dan pengguna layanan/jasa.

Jenis-jenis digital platform berbeda-beda, karena memiliki sifat yang luas. Perbedaan ini berasal dari banyaknya fungsi dan tujuan yang diterapkan dalam membangun platform digital. Misalnya, saat ini ada banyak nama digital untuk platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan Twitter. Selain itu, ada platform digital audio-visual seperti Spotify, YouTube, Apple Music, dan lain lain yang diciptakan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat.

Adapun jenis-jenis digital platform yang akan dijelaskan lebih lengkap dibawah ini, yaitu :

1. Digital Platform Sosial Media

Contoh jenis platform digital ini antara lain Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter, dll. Pada platform digital ini kita dapat menerima semua informasi sosial yang sedang terjadi saat ini dengan sangat cepat.

2.  Digital Platform E-commerce

Dengan adanya e-commerce ini dapat membantu memenuhi kebtuhan masyarakat dengan sangat mudah, aman dan banyak pilihan-pilihan produk yang ditawarkan pada platform ini. Contoh dari jenis digital platform ini antara lain tokopedia, shopee, shein, blibli, lazada, bukalapak, dll

3. Digital Platform Edukasi

Aplikasi Google Scholar, Google Classroom, Ruangguru dan Zenius adalah contoh platform digital pendidikan. Program pendidikan untuk platform digital adalah aplikasi yang dapat mempermudah pemenuhan kebutuhan akademik dan sangat membantu proses belajar yang berantakan.

4. Digital Platform Audio-Visual

Contoh dari jenis platform ini antara lain Spotify, Resso, Apple Music, YouTube, Joox, dan lain-lain. Dengan adanya aplikasi tersebut, memudahkan dalam menikmati berbagai hiburan seperti video, music, dan film dengan sangat mudah dan praktis. Keberadaan platform audiovisual mengancam media hiburan seperti televisi dan radio yang sudah lama melayani kebutuhan hiburan masyarakat.

 

Digital platform dapat dikatakan berhasil jika kehadirannya dapat memenuhi dua fungsi utama yaitu : yang pertama, digital platform dapat memberikan fasilitas yang memadai dalam hal pertukaran layanan, informasi dan penghubung perdagangan dengan baik. Yang kedua, ketika platform dapat memberikan dorongan besar kepada masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya.

Jika digunakan secara optimal, digital platform akan memberikan dampak positif bagi penggunanya. Akan tetapi, jika penggunaannya tidak tepat, platform digital tidak akan memberikan arti dan nilai bagi kehidupan para penggunanya.

 

Jika ada kebingungan kita bisa sharing di kolom komentar ya.. see you!

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Tentang Affiliate Marketing! Definisi, Cara dan Tips

source : unsplash CATATANLIAN – Istilah affiliate marketing memang sering kita dengar, apalagi kita yang berkecimpung pada dunia bisnis online. Affiliate marketing adalah salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar, secara online dan dalam waktu yang relatif singkat. Affiliate marketing selalu mengarah pada penggunaan afiliasi untuk membantu penjual atau produsen menawarkan atau mempromosikan produk dan layanan kepada calon pembeli atau konsumen. istilah yang sangat populer saat ini adalah endorsement dan paid promote yang banyak dilakukan oleh kalangan anak muda sekarang karena penghasilannya yang sangat menguntungkan. Program affiliate marketing sangat cocok untuk orang-orang yang sangat aktif di media sosial dan memiliki kemampuan untuk membuat konten yang menarik. Yang Dimaksud Affiliate Marketing Affiliate marketing dapat didefinisikan sebagai sistem bisnis yang dimana kita mempromosikan sebuah produk atau layanan dari suatu perusahaan dan ak

Tahapan Strategi Periklanan yang Efektif Dalam Pemasaran Suatu Perusahaan

source : unsplash CATATANLIAN – Periklanan atau advertisement merupakan bagian penting dari setiap strategi periklanan atau branding dan pemasaran suatu produk bisnis. Baik itu menggunakan pemasaran tradisional maupun pemasaran digital untuk mempromosikan atau mengiklankan produk utama yang sudah ada atau produk yang baru diluncurkan oleh suatu perusahaan. Dengan penerapan strategi periklanan yang benar dan efektif, dapat memberikan laba atau keuntungan yang cukup besar bagi suatu perusahaan. Strategi periklanan memungkinkan suatu perusahaan untuk mencapai target pasar yang cocok atau sesuai dengan brand ( prospecting ), membangkitkan minat pelanggan ( customer touch point ) dan mendatangkan brand awareness di kalangan pelanggan. Strategi ini dapat membantu pemasar untuk mengubah prospek (konversi prospek) menjadi pelanggan yang akan membeli atau sales lead dan dapat meingkatkan penjualan serta pendapatan bisnis. Pengertian Strategi Periklanan Strategi periklanan adalah serangka

Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar, Definisi, Tujuan, Jenis dan Syarat

source : unsplash CATATANLIAN – Segmentasi pasar merupakan bagian penting dari bisnis yang dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan. Pada dasarnya, segmentasi pasar merupakan strategi bisnis untuk lebih mengenal target konsumen supaya bisnis dapat berjalan dengan baik. Sebelum membahas lebih lanjut definisi segmentasi pasar, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan pasar. Pada umumnya, pasar merupakan tempat jual beli atau tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk mengadakan transaksi. Namun, pada konteks pemasaran atau pada segmentasi pasar ini, definisi pasar berbeda dengan definisi pasar pada umumnya. Menurut Solomon and Stuart, 1997, p. 7. Pasar merupakan semua pelanggan dan pelanggan potensial yang mempunyai kebutuhan umum yang sama dan dapat dipenuhi dengan suatu produk spesifik, sumber-sumber (uang atau barang) untuk ditukarkan, kemauan untuk menciptakan pertukaran dan wewenang untuk menciptakan pertukaran. Sedangkan menurut Churchil