Langsung ke konten utama

Tips Membangun Personal Branding Untuk Karir Yang Cemerlang

 

CATATANLIAN – Pada saat ini, personal branding menjadi hal yang sangat penting dalam melakukan pengembangan karier seseorang. Membangun citra publik ini sangat erat kaintanya dengan menciptakan dan mempertahankan sebuah persepsi publik untuk mencapai kesan yang positif. Teknik membangun citra publik atau yang disebut personal branding sering mengacu kepada kemampuan seseorang untuk membangun keterampilan, kepercayaan diri, dan nilai-nilai dalam diri yang dianggap dapat menarik perhatian orang lain. Dalam hal ini, sangat penting karena memungkinkan seseorang untuk dilihat memiliki keunikan tersendiri dan memiliki nilai yang lebih tinggi dari pada orang lain. 

Apa Yang Dimaksud Personal Branding?

Personal branding adalah metode branding yang tujuannya untuk mempromosikan diri, prestasi dan keterampilan yang dimiliki untuk pengembangan karir. Hal ini juga dapat membangun hubungan yang baik dan kepercayaan orang lain terhadap diri kita serta dapat digunakan untuk meningkatkan dan mempertahankan eksistensi diri melalui beberap aspek yaitu pendidikan, gaya dan kegiatan sehari-hari.

Beberapa Manfaat Personal Branding

1. Membangun Kepercayaan Diri dan Kredibilitas

Dengan mengimplementasikan personal branding secara langsung dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas orang lain terhadap diri kita. Tetapi kita harus membangun kesan diri selaras dalam segala aspel, termasuk dalam media sosial supaya semuanya tampak terlihat jujur dan tidak dibuat-buat.

2. Memiliki kepribadian yang jujur

Seseorang yang sedang memulai mengembangan diri, pasti akan setuju bahwa dirinya telah melalui proses penemuan jati diri, dimana penemuan jati diri itu pasti diawali dengan yang namanya kejujuran. Perlu diingat bahwa membangun branding itu tentang diri sendiri bukan orang lain, jadi kita tidak perlu membuat kesan palsu yang bukan dari diri kita sendiri.

3. Memiliki Jaringan/Networking yang luas

Karena ketika orang-orang telah mengenali siapa kita, hal ini akan membuka kesempatan bagi kita untuk bertemu orang-orang baru bahkan menemukan mentor yang dapat membantu kita untuk berkembang.

 

Berikut Cara Membangun Personal Branding Untuk Karir Yang Cemerlang

1. Mencari tahu tentang diri sendiri

Cari tahu dan pahami diri sendiri motivasi apa yang membuat diri sendiri untuk melakukan personal branding. Pahami minat, bakat dan keinginan yang dimiliki sebelum mengenalkan diri sendiri ke orang lain.

2. Cari tahu apa yang ingin diketahui orang lain dari diri kita

Sebagai identias, hal apa yang akan ditunjukkan dan bisa membuat dikenal oleh orang lain? Ini perlu diteliti agar hasilnya sama dengan apa yang ingin disampaikan.

3. Mengenali seperti apa target audiens yang diinginkan

Menentukan target audiens akan memudahkan kita menentukan pendekatan apa yang akan digunakan dalam konten yang akan kita buat dan platform yang akan dipilih.

4. Menentukan dan mencari khas

Kita dapat mencari apa yang membuat kita beda dari orang lain, hal ini akan memberikan kesuksesan dalam melakukan personal branding dan membuat konsisten untuk memperkenalkan diri dengan ciri khas yang kita punya sehingga orang lain dengan sangat mudah mengingat kita.

5. Persiapkan perkenalan singkat tetang diri kita

Mengenalkan diri secara singkat tetapi tetap mengungkapkan apa arti pengembangan diri yang sedang kita bangun.

6. Memahami industri apa yang ingin kita geluti

Setelah kita merencanakan karir yang diinginkan, sebaiknya kita mulai mempelajari bidang tersebut. Bisa dimulai dengan mencari siapa saja tokoh yang sudah sukses pada bidang tersebut dan kita dapat mengikuti dan mempraktikkan cara-cara yang mereka lakukan.

7. Melakukan personal branding secara offline

Tidak melulu kita melakukan pengambangan diri secara online, tetapi kita harus membawa kesan diri kita dalam dunia offline seperti di rumah, di tempat kerja, bahkan dalam kegiatan sehari-hari. Karena kedua hal tersebut (online dan offline) harus sejalan dan beriringan.

8. Menjaga reputasi dan konsistensi

Kunci dari pentingnya pengambangan diri adalah reputasi yang baik dan konsistensi. Jika kita memiliki keduanya maka kita telah membuktikan bahwa kita adalah orang yang pantang menyerah dan kredibel.

 

Itulah informasi-informasi yang bisa saya sharingkan, jika ada yang sharing-sharing bisa ke kolom komentar yaa! See youuu!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Tentang Affiliate Marketing! Definisi, Cara dan Tips

source : unsplash CATATANLIAN – Istilah affiliate marketing memang sering kita dengar, apalagi kita yang berkecimpung pada dunia bisnis online. Affiliate marketing adalah salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar, secara online dan dalam waktu yang relatif singkat. Affiliate marketing selalu mengarah pada penggunaan afiliasi untuk membantu penjual atau produsen menawarkan atau mempromosikan produk dan layanan kepada calon pembeli atau konsumen. istilah yang sangat populer saat ini adalah endorsement dan paid promote yang banyak dilakukan oleh kalangan anak muda sekarang karena penghasilannya yang sangat menguntungkan. Program affiliate marketing sangat cocok untuk orang-orang yang sangat aktif di media sosial dan memiliki kemampuan untuk membuat konten yang menarik. Yang Dimaksud Affiliate Marketing Affiliate marketing dapat didefinisikan sebagai sistem bisnis yang dimana kita mempromosikan sebuah produk atau layanan dari suatu perusahaan dan ak

Tahapan Strategi Periklanan yang Efektif Dalam Pemasaran Suatu Perusahaan

source : unsplash CATATANLIAN – Periklanan atau advertisement merupakan bagian penting dari setiap strategi periklanan atau branding dan pemasaran suatu produk bisnis. Baik itu menggunakan pemasaran tradisional maupun pemasaran digital untuk mempromosikan atau mengiklankan produk utama yang sudah ada atau produk yang baru diluncurkan oleh suatu perusahaan. Dengan penerapan strategi periklanan yang benar dan efektif, dapat memberikan laba atau keuntungan yang cukup besar bagi suatu perusahaan. Strategi periklanan memungkinkan suatu perusahaan untuk mencapai target pasar yang cocok atau sesuai dengan brand ( prospecting ), membangkitkan minat pelanggan ( customer touch point ) dan mendatangkan brand awareness di kalangan pelanggan. Strategi ini dapat membantu pemasar untuk mengubah prospek (konversi prospek) menjadi pelanggan yang akan membeli atau sales lead dan dapat meingkatkan penjualan serta pendapatan bisnis. Pengertian Strategi Periklanan Strategi periklanan adalah serangka

Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar, Definisi, Tujuan, Jenis dan Syarat

source : unsplash CATATANLIAN – Segmentasi pasar merupakan bagian penting dari bisnis yang dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan. Pada dasarnya, segmentasi pasar merupakan strategi bisnis untuk lebih mengenal target konsumen supaya bisnis dapat berjalan dengan baik. Sebelum membahas lebih lanjut definisi segmentasi pasar, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan pasar. Pada umumnya, pasar merupakan tempat jual beli atau tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk mengadakan transaksi. Namun, pada konteks pemasaran atau pada segmentasi pasar ini, definisi pasar berbeda dengan definisi pasar pada umumnya. Menurut Solomon and Stuart, 1997, p. 7. Pasar merupakan semua pelanggan dan pelanggan potensial yang mempunyai kebutuhan umum yang sama dan dapat dipenuhi dengan suatu produk spesifik, sumber-sumber (uang atau barang) untuk ditukarkan, kemauan untuk menciptakan pertukaran dan wewenang untuk menciptakan pertukaran. Sedangkan menurut Churchil