source : unsplash |
CATATANLIAN – Dengan
adanya media digital yang semakin banyak, pemasaran digital menjadi salah satu
cara pemasaran yang sangat efektif pada saat ini. Saluran komunikasi seperti
jaringan internet maupun jaringan lainnya seperti telepon dan televisi
merupakan salah satu contoh media pemasaran yang sering kita jumpai saat ini.
Para pelaku bisnis saat ini banyak yang bersaing untuk
memaksimalkan promosinya melalui dunia digital. Para pebisnis ini menerapkan
konsep dan strategi digital marketing karena hal ini dapat meningkatkan
penjualan produk-produk yang mereka buat.
Definisi Digital Marketing
Digital marketing adalah kegiatan pemasaran suatu produk
atau brand dari perusahaan yang menggunakan media digital untuk menarik calon
pembeli dan mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Pemasaran digital atau
digital marketing ini semakin populer saat munculnya internet pada tahun
1990-an. Pemasaran digital biasanya dilakukan dengan menggunakan media sosial,
situs web perusahaan, dan jaringan-jaringan lainnya supaya dapat menjangkau
calon pembeli atau konsumen yang lebih luas.
Berikut definisi digital marketing menurut para ahli :
- Menurut Kleindl & Burrow (2005), pemasaran digital merupakan suatu proses perencanaan dan pelaksanaan yang berasal dari ide, konsep, harga, promosi dan distribusinya. Secara sederhana pemasaran digital dapat diartikan sebagai suatu kegiatan pembangunan dan pemeliharaan hubungan.
- Menurut Josua Tarigan & Ridwan Sanjaya (2009), digital marketing atau pemasaran digital merupakan suatu kegiatan pemasaran yang termasuk dalam kategori branding. Pemasaran dilakukan dengan menggunakan berbagai media yang ada, misalnya website, media sosial, blog, email dan lain-lain.
- Menurut Dave Chaffey (2011), pemasaran digital merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan dari pemasaran itu sendiri dan untuk mencapai tujuan pemasaran tersebut dapat menggunakan teknologi digital.
- Saputra et al (2020), pemasaran digital merupakan kombinasi dari seluruh aktivitas pemasaran yang dilakukan menggunakan media elektronik maupun internet dan beberapa kegiatan pemasaran tersebut antara lain social media marketing, SEO, SEM, email marketing, content marketing dan lain-lain.
Manfaat dari Digital Marketing
1. Target Pasar Menjadi Lebih Tepat
Dengan menggunakan atau memanfaatkan alat pemasaran digital yang sudah dirancang sedemikian rupa dan memiliki fitur-fitur yang sangat canggih, kita dapat memperoleh informasi yang akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna pada segmen pasar tertentu atau produk dan jasa yang akan kita promosikan. Dari informasi-informasi pengguna yang sudah didapat, kita dapat menyusun strategi yang paling tepat untuk target pasar dan dapat diterapkan secara efektif.
2. Mengevaluasi Strategi Menggunakan Data
Setelah menerapkan strategi pemasaran digital, kita dapat melihat data dan analisis pemasaran yang kita lakukan. Dengan data tersebut kita dapat mengevaluasi tingkat keberhasilan kampanye, jumlah pengguna yang mengunjungi iklan dan lain-lain untuk memperbaiki strategi pemasaran yang sebelumnya digunakan, agar efektivitas kampanye dapat meningkatkan angka penjualan.
3. Dapat Menjangkau Hampir Seluruh Pasar
Seperti yang kita ketahui saat ini, bahwa dunia online tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, setiap saat jaringan digital akan selalu terkoneksi ke berbagai belahan dunia. Dengan hal ini, pemasaran digital merupakan teknik yang tepat untuk menjangkau dan terhubung dengan calon konsumen dari seluruh dunia. Hal ini, membuat jasa atau produk yang kita promosikan akan selalu tersedia dan konsumen dapat membelinya kapan saja.
4. Biaya yang Dikeluarkan Lebih Murah
Biaya yang dikeluarkan untuk digital marketing atau pemasaran digital ini jauh lebih murah daripada strategi pemasaran tradisional, dimana harus mencetak poster dan membuang uang untuk promosi yang tidak tepat sasaran. Dengan adanya digital marketing kita dapat melakukan berbagai cara untuk mendapatkan pengunjung organic tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk promosi. Seperti, mempromosikan produk atau jasa kita melalui situs web atau blog.
5. Dapat Meningkatkan Reputasi Brand Suatu Perusahaan.
Seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna
internet dan platform digital, kita dapat meningkatkan reputasi brand yang
sedang dibangun melalui strategi pemasaran digital. Karena, sebagian besar
konsumen sekarang lebih memilih untuk membeli produk atau jasa yang akan
digunakannya melalui online. Dengan digital marketing ini, produk atau jasa
yang kita tawarkan dengan mudah akan didapatkan dan mendapat kepercayaan oleh
konsumen, sehingga dapat meningkatkan penjualan online kita.
Jenis-jenis Strategi Digital Marketing
source : unsplash |
1. Situs web
Situs web atau bisa disebut website berperan sangat penting dalam menunjukkan profesionalitas dari suatu perusahaan dengan mudah membantu konsumen untuk menemukan informasi-informasi tentang perusahaan, produk yang dijual, iklan yang terjangkau dan media bisnis yang mudah untuk digunakan.
2. SEM (Search Engine Marketing)
Tujuan dari SEM ini adalah supaya website atau situs web suatu perusahaan mudah ditemukan oleh mesin pencarian pada browser. SEM dibagi menjadi dua yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Pay-per-Click (PPC). SEO, yang termasuk strategi marketing dilakukan sendiri namun harus memakan waktu yang lebih lama karena kita harus berusaha agar website kita dapat muncul di halaman pertama pencarian google tanpa harus membayar pengiklan, sedangkan PPC berbayar agar materi promosi kita berada di urutan teratas ketika calon pembeli mencari kata kunci spesifik terkait dengan produk yang kita promosikan.
3. Pemasaran melalui Media Sosial (Social Media Marketing)
Melakukan promosi atau iklan di platform media sosial seperti instagram, facebook, tiktok, twitter dan lain-lain dapat dilakukan dengan biaya yang murah dan bahkan gratis. Tentu hal ini dapat meningkatkan brand dari suatu perusahaan juga. Sebenarnya, metode dari platform media sosial kurang lebih sama dengan SEM. Platform ini juga menyediakan pasar tempat kita dapat mempromosikan produk atau jasa kita dengan memilih mendatangkan calon pembeli secara organic atau berbayar.
4. Iklan Online (Online Advertising)
Beriklan atau promosi melalui media internet dengan biaya tertentu akan membuat konsumen lebih cepat menemukan produk yang kita promosikan. Tetapi, iklan online ini memiliki haga yang sedikit mahal daripada jenis marketing-marketing sebelumnya.
5. Pemasaran melalui Email (Email Marketing)
Email marketing merupakan suatu teknik pemasaran dengan cara mengirim promosi atau jasa terbaru melalui email kepada kosumen atau pelanggan.
6. Affiliate Marketing / Program Pemasaran Affiliasi
Program affiliate marketing ini merupakan
metode pemasaran digital yang melibatkan pihak lain untuk membantu promosi
produk atau jasa kita yaitu dengan influencer atau mitra affiliasi. Pemasaran
influencer yaitu kita membayar layanan atau jasa seorang influencer untuk
membantu mempromosikan produknya kepada pengikutnya melalui media sosial. Sedangkan
affiliate marketing, kita membayar komisi affiliator ketika mereka sudah
berhasil menjual produk atau jasa kita.
Baca juga : Memahami Tentang Affiliate Marketing! Definisi, Cara dan Tips
7. Content Marketing/Pemasaran dengan Membuat Konten
Content marketing merupakan strategi
pemasaran yang mencakup berbagai jenis konten, baik membuat, mengelola, atau
menerbitkan sebuah konten yang berisikan promosi produk atau jasa kita. Konten ini
dugunakan untuk meyakinkan pengguna agar membeli produk atau jasa yang kita
tawarkan.
Makasih sharingnya
BalasHapuslagi belajar juga nih soal digital marketing, apalagi sejak awal pandemi, menyasar market dengan digital marketing rame banget
BalasHapus