Langsung ke konten utama

Digital Marketing! Definisi, Manfaat, Jenis-jenis Strateginya

source : unsplash

CATATANLIAN – Dengan adanya media digital yang semakin banyak, pemasaran digital menjadi salah satu cara pemasaran yang sangat efektif pada saat ini. Saluran komunikasi seperti jaringan internet maupun jaringan lainnya seperti telepon dan televisi merupakan salah satu contoh media pemasaran yang sering kita jumpai saat ini.

Para pelaku bisnis saat ini banyak yang bersaing untuk memaksimalkan promosinya melalui dunia digital. Para pebisnis ini menerapkan konsep dan strategi digital marketing karena hal ini dapat meningkatkan penjualan produk-produk yang mereka buat.

Definisi Digital Marketing

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran suatu produk atau brand dari perusahaan yang menggunakan media digital untuk menarik calon pembeli dan mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Pemasaran digital atau digital marketing ini semakin populer saat munculnya internet pada tahun 1990-an. Pemasaran digital biasanya dilakukan dengan menggunakan media sosial, situs web perusahaan, dan jaringan-jaringan lainnya supaya dapat menjangkau calon pembeli atau konsumen yang lebih luas.

Berikut definisi digital marketing menurut para ahli :

  1. Menurut Kleindl & Burrow (2005), pemasaran digital merupakan suatu proses perencanaan dan pelaksanaan yang berasal dari ide, konsep, harga, promosi dan distribusinya. Secara sederhana pemasaran digital dapat diartikan sebagai suatu kegiatan pembangunan dan pemeliharaan hubungan.
  2.  Menurut Josua Tarigan & Ridwan Sanjaya (2009), digital marketing atau pemasaran digital merupakan suatu kegiatan pemasaran yang termasuk dalam kategori branding. Pemasaran dilakukan dengan menggunakan berbagai media yang ada, misalnya website, media sosial, blog, email dan lain-lain.
  3. Menurut Dave Chaffey (2011), pemasaran digital merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan dari pemasaran itu sendiri dan untuk mencapai tujuan pemasaran tersebut dapat menggunakan teknologi digital.
  4. Saputra et al (2020), pemasaran digital merupakan kombinasi dari seluruh aktivitas pemasaran yang dilakukan menggunakan media elektronik maupun internet dan beberapa kegiatan pemasaran tersebut antara lain social media marketing, SEO, SEM, email marketing, content marketing dan lain-lain.

Manfaat dari Digital Marketing

1. Target Pasar Menjadi Lebih Tepat

Dengan menggunakan atau memanfaatkan alat pemasaran digital yang sudah dirancang sedemikian rupa dan memiliki fitur-fitur yang sangat canggih, kita dapat memperoleh informasi yang akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna pada segmen pasar tertentu atau produk dan jasa yang akan kita promosikan. Dari informasi-informasi pengguna yang sudah didapat, kita dapat menyusun strategi yang paling tepat untuk target pasar dan dapat diterapkan secara efektif.

2. Mengevaluasi Strategi Menggunakan Data

Setelah menerapkan strategi pemasaran digital, kita dapat melihat data dan analisis pemasaran yang kita lakukan. Dengan data tersebut kita dapat mengevaluasi tingkat keberhasilan kampanye, jumlah pengguna yang mengunjungi iklan dan lain-lain untuk memperbaiki strategi pemasaran yang sebelumnya digunakan, agar efektivitas kampanye dapat meningkatkan angka penjualan.

3. Dapat Menjangkau Hampir Seluruh Pasar

Seperti yang kita ketahui saat ini, bahwa dunia online tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, setiap saat  jaringan digital akan selalu terkoneksi ke berbagai belahan dunia. Dengan hal ini, pemasaran digital merupakan teknik yang tepat untuk menjangkau dan terhubung dengan calon konsumen dari seluruh dunia. Hal ini, membuat jasa atau produk yang kita promosikan akan selalu tersedia dan konsumen dapat membelinya kapan saja.

4. Biaya yang Dikeluarkan Lebih Murah

Biaya yang dikeluarkan untuk digital marketing atau pemasaran digital ini jauh lebih murah daripada strategi pemasaran tradisional, dimana harus mencetak poster dan membuang uang untuk promosi yang tidak tepat sasaran. Dengan adanya digital marketing kita dapat melakukan berbagai cara untuk mendapatkan pengunjung organic tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk promosi. Seperti, mempromosikan produk atau jasa kita melalui situs web atau blog.

5. Dapat Meningkatkan Reputasi Brand Suatu Perusahaan.

Seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna internet dan platform digital, kita dapat meningkatkan reputasi brand yang sedang dibangun melalui strategi pemasaran digital. Karena, sebagian besar konsumen sekarang lebih memilih untuk membeli produk atau jasa yang akan digunakannya melalui online. Dengan digital marketing ini, produk atau jasa yang kita tawarkan dengan mudah akan didapatkan dan mendapat kepercayaan oleh konsumen, sehingga dapat meningkatkan penjualan online kita.

Jenis-jenis Strategi Digital Marketing

source : unsplash

1. Situs web

Situs web atau bisa disebut website berperan sangat penting dalam menunjukkan profesionalitas dari suatu perusahaan dengan mudah membantu konsumen untuk menemukan informasi-informasi tentang perusahaan, produk yang dijual, iklan yang terjangkau dan media bisnis yang mudah untuk digunakan.

2. SEM (Search Engine Marketing)

Tujuan dari SEM ini adalah supaya website atau situs web suatu perusahaan mudah ditemukan oleh mesin pencarian pada browser. SEM dibagi menjadi dua yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Pay-per-Click  (PPC). SEO, yang termasuk strategi marketing dilakukan sendiri namun harus memakan waktu yang lebih lama karena kita harus berusaha agar website kita dapat muncul di halaman pertama pencarian google tanpa harus membayar pengiklan, sedangkan PPC berbayar agar materi promosi kita berada di urutan teratas ketika calon pembeli mencari kata kunci spesifik terkait dengan produk yang kita promosikan.

3. Pemasaran melalui Media Sosial (Social Media Marketing)

Melakukan promosi atau iklan di platform media sosial seperti instagram, facebook, tiktok, twitter dan lain-lain dapat dilakukan dengan biaya yang murah dan bahkan gratis. Tentu hal ini dapat meningkatkan brand dari suatu perusahaan juga. Sebenarnya, metode dari platform media sosial kurang lebih sama dengan SEM. Platform ini juga menyediakan pasar tempat kita dapat mempromosikan produk atau  jasa kita dengan memilih mendatangkan calon pembeli secara organic atau berbayar.

4. Iklan Online (Online Advertising)

Beriklan atau promosi melalui media internet dengan biaya tertentu akan membuat konsumen lebih cepat menemukan produk yang kita promosikan. Tetapi, iklan online ini memiliki haga yang sedikit mahal daripada jenis marketing-marketing sebelumnya.

5. Pemasaran melalui Email (Email Marketing)

Email marketing merupakan suatu teknik pemasaran dengan cara mengirim promosi atau jasa terbaru melalui email kepada kosumen atau pelanggan.

6. Affiliate Marketing / Program Pemasaran Affiliasi

Program affiliate marketing ini merupakan metode pemasaran digital yang melibatkan pihak lain untuk membantu promosi produk atau jasa kita yaitu dengan influencer atau mitra affiliasi. Pemasaran influencer yaitu kita membayar layanan atau jasa seorang influencer untuk membantu mempromosikan produknya kepada pengikutnya melalui media sosial. Sedangkan affiliate marketing, kita membayar komisi affiliator ketika mereka sudah berhasil menjual produk atau jasa kita.

Baca juga : Memahami Tentang Affiliate Marketing! Definisi, Cara dan Tips

7. Content Marketing/Pemasaran dengan Membuat Konten

Content marketing merupakan strategi pemasaran yang mencakup berbagai jenis konten, baik membuat, mengelola, atau menerbitkan sebuah konten yang berisikan promosi produk atau jasa kita. Konten ini dugunakan untuk meyakinkan pengguna agar membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.

 


Komentar

  1. lagi belajar juga nih soal digital marketing, apalagi sejak awal pandemi, menyasar market dengan digital marketing rame banget

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Tentang Affiliate Marketing! Definisi, Cara dan Tips

source : unsplash CATATANLIAN – Istilah affiliate marketing memang sering kita dengar, apalagi kita yang berkecimpung pada dunia bisnis online. Affiliate marketing adalah salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar, secara online dan dalam waktu yang relatif singkat. Affiliate marketing selalu mengarah pada penggunaan afiliasi untuk membantu penjual atau produsen menawarkan atau mempromosikan produk dan layanan kepada calon pembeli atau konsumen. istilah yang sangat populer saat ini adalah endorsement dan paid promote yang banyak dilakukan oleh kalangan anak muda sekarang karena penghasilannya yang sangat menguntungkan. Program affiliate marketing sangat cocok untuk orang-orang yang sangat aktif di media sosial dan memiliki kemampuan untuk membuat konten yang menarik. Yang Dimaksud Affiliate Marketing Affiliate marketing dapat didefinisikan sebagai sistem bisnis yang dimana kita mempromosikan sebuah produk atau layanan dari suatu perusahaan dan ak

Tahapan Strategi Periklanan yang Efektif Dalam Pemasaran Suatu Perusahaan

source : unsplash CATATANLIAN – Periklanan atau advertisement merupakan bagian penting dari setiap strategi periklanan atau branding dan pemasaran suatu produk bisnis. Baik itu menggunakan pemasaran tradisional maupun pemasaran digital untuk mempromosikan atau mengiklankan produk utama yang sudah ada atau produk yang baru diluncurkan oleh suatu perusahaan. Dengan penerapan strategi periklanan yang benar dan efektif, dapat memberikan laba atau keuntungan yang cukup besar bagi suatu perusahaan. Strategi periklanan memungkinkan suatu perusahaan untuk mencapai target pasar yang cocok atau sesuai dengan brand ( prospecting ), membangkitkan minat pelanggan ( customer touch point ) dan mendatangkan brand awareness di kalangan pelanggan. Strategi ini dapat membantu pemasar untuk mengubah prospek (konversi prospek) menjadi pelanggan yang akan membeli atau sales lead dan dapat meingkatkan penjualan serta pendapatan bisnis. Pengertian Strategi Periklanan Strategi periklanan adalah serangka

Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar, Definisi, Tujuan, Jenis dan Syarat

source : unsplash CATATANLIAN – Segmentasi pasar merupakan bagian penting dari bisnis yang dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan. Pada dasarnya, segmentasi pasar merupakan strategi bisnis untuk lebih mengenal target konsumen supaya bisnis dapat berjalan dengan baik. Sebelum membahas lebih lanjut definisi segmentasi pasar, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan pasar. Pada umumnya, pasar merupakan tempat jual beli atau tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk mengadakan transaksi. Namun, pada konteks pemasaran atau pada segmentasi pasar ini, definisi pasar berbeda dengan definisi pasar pada umumnya. Menurut Solomon and Stuart, 1997, p. 7. Pasar merupakan semua pelanggan dan pelanggan potensial yang mempunyai kebutuhan umum yang sama dan dapat dipenuhi dengan suatu produk spesifik, sumber-sumber (uang atau barang) untuk ditukarkan, kemauan untuk menciptakan pertukaran dan wewenang untuk menciptakan pertukaran. Sedangkan menurut Churchil