Langsung ke konten utama

Membongkar Strategi Pemasaran Yang Diterapkan Mixue!

CATATANLIAN – Baru-baru ini media sosial digemparkan dengan adanya pernyataan “dimana ada ruko kosong, pasti akan diambil alih mixue”. Ya! Akhir-akhir ini memang perusahaan atau brand yang berasal dari China itu sedang ramai dibicarakan banyak orang karena telah berhasil membuka gerai usahanya dimana-mana.

Menu yang ditawarkan kepada pelanggan pun memiliki banyak pilihan dan harga yang sangat terjangkau. Hal ini adalah hasil dari strategi pemasaran mixue yang dijalankan, sehingga dengan cepat dapat membuka gerai baru dan semakin berkembang.

Lalu, strategi pemasaran apa yang dilakukan perusahaan mixue ini, hingga dapat berkembang sebesar dan secepat ini? Menurut pakar strategi pemasaran Universitas Airlangga (Unair) Prof. Sri Hartini yang membuat gerai mixue bisa tumbuh begitu cepat yaitu kerena perusahaan tersebut menggunakan konsep-konsep strategi pemasaran dengan tepat. Konsep-konsep yang digunakan dalam strategi pemasarannya ada empat, yaitu :

1. Pricing (harga)

Menurut Hartini, mixue ini menerapkan strategi penetapan harga yang disebut penetration pricing. Dimana strategi penetration pricing ini adalah strategi yang menetapkan harga produk dengan harga yang serendah-rendahnya yang dimaksudkan untuk mencapai volume penjualan yang setinggi-tingginya pada segmen pasar tertentu dan strategi ini dapat diterapkan saat kondisi persaingan pasar yang sangat ketat.

 “kita tidak tahu ke depannya kalau penetration pricing itu memang harga yang paling murah atau ketika nanti competitor lain sudah tidak ada pelan-pelan akan menaikkan harga,” kata Hartini. Beliau juga menyebutkan bahwa mixue sengaja menaklukan pasar es krim yang ada dengan menetapkan harga termurah.

 Selain strategi penetration pricing, harga jual mixue juga dipengaruhi oleh lokasi perusahaan yang banyak sehingga produksi membutuhkan banyak permintaan. Hal ini memungkinkan mixue dapat mencapai skala yang ekonomis, penjualan yang baik dan bisa mengurangi biaya produksinya.

2. Product

Menurut Hartini, produk mixue juga memiliki rasa yang tidak kalah dengan produk pesaing lainnya. Dengan harga jual yang murah, mixue mampu membuat produk yang bagus dan dapat bersaing di pasaran.

3. Place

Keberhasilan bisnis distribusi mixue bergantung pada kekuatan banyaknya relasi atau kemitraan. Mereka tidak perlu tempat yang mahal dan bagus, tetapi cukup tempat yang bersih, rapi, ramai dan tentunya strategis. Hal ini yang membuat perluasan mixue semakin masif.

4. Promotion

Untuk promosi menurut Hartini, perusahaan atau brand mixue ini menerapkan media social marketing seperti tiktok, instagram dan lain-lain. Dengan menggunakan strategi promosi ini, orang-orang dengan mudah dapat mengenali produk tersebut.

Pakar strategi pemasaran Universitas Airlangga (Unair) Prof. Sri Hartini juga berpendapat bahwa perluasan mixue berbeda dengan perluasan McD. Walaupun sama-sama melebar dengan membuka gerai-gerai (franchise), tetapi perluasan mixue lebih masif daripada McD dikarenakan harganya yang lebih murah dan masyarakat lebih mudah untuk membuka gerai baru.

Beliau juga mengatakan bahwa kehadiran mixue tentunya akan mempengaruhi gerai-gerai es krim dan minuman lainnya yang sejak dulu sudah ada di Indonesia, walaupun setiap produk perusahaan sudah memiliki target pasar yang berbeda-beda. Akan tetapi, jika pasar itu tidak dipertahankan, kemungkinan besar masyarakat akan berlih ke mixue.

Seperti yang kita ketahui, dunia bisnis dapat berubah setiap saat dan tidak dapat diprediksi. Selalu ada produk baru yang muncul. Untuk itu mengikuti persaingan dan agar tidak tertinggal membutuhkan metode pemasaran baru yang dapat membuat perusahaan atau brand lebih unggul dan terlihat unik dari pesaing-pesaing lainnya.

Itulah sedikit sharing dari metode pemasaran mixue, semoga membantu. Dan jika ada kejanggalan-kejanggalan dari artikel ini mari kita sharing bareng di kolom komentar. See youuu!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Tentang Affiliate Marketing! Definisi, Cara dan Tips

source : unsplash CATATANLIAN – Istilah affiliate marketing memang sering kita dengar, apalagi kita yang berkecimpung pada dunia bisnis online. Affiliate marketing adalah salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar, secara online dan dalam waktu yang relatif singkat. Affiliate marketing selalu mengarah pada penggunaan afiliasi untuk membantu penjual atau produsen menawarkan atau mempromosikan produk dan layanan kepada calon pembeli atau konsumen. istilah yang sangat populer saat ini adalah endorsement dan paid promote yang banyak dilakukan oleh kalangan anak muda sekarang karena penghasilannya yang sangat menguntungkan. Program affiliate marketing sangat cocok untuk orang-orang yang sangat aktif di media sosial dan memiliki kemampuan untuk membuat konten yang menarik. Yang Dimaksud Affiliate Marketing Affiliate marketing dapat didefinisikan sebagai sistem bisnis yang dimana kita mempromosikan sebuah produk atau layanan dari suatu perusahaan dan ak

Tahapan Strategi Periklanan yang Efektif Dalam Pemasaran Suatu Perusahaan

source : unsplash CATATANLIAN – Periklanan atau advertisement merupakan bagian penting dari setiap strategi periklanan atau branding dan pemasaran suatu produk bisnis. Baik itu menggunakan pemasaran tradisional maupun pemasaran digital untuk mempromosikan atau mengiklankan produk utama yang sudah ada atau produk yang baru diluncurkan oleh suatu perusahaan. Dengan penerapan strategi periklanan yang benar dan efektif, dapat memberikan laba atau keuntungan yang cukup besar bagi suatu perusahaan. Strategi periklanan memungkinkan suatu perusahaan untuk mencapai target pasar yang cocok atau sesuai dengan brand ( prospecting ), membangkitkan minat pelanggan ( customer touch point ) dan mendatangkan brand awareness di kalangan pelanggan. Strategi ini dapat membantu pemasar untuk mengubah prospek (konversi prospek) menjadi pelanggan yang akan membeli atau sales lead dan dapat meingkatkan penjualan serta pendapatan bisnis. Pengertian Strategi Periklanan Strategi periklanan adalah serangka

Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar, Definisi, Tujuan, Jenis dan Syarat

source : unsplash CATATANLIAN – Segmentasi pasar merupakan bagian penting dari bisnis yang dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan. Pada dasarnya, segmentasi pasar merupakan strategi bisnis untuk lebih mengenal target konsumen supaya bisnis dapat berjalan dengan baik. Sebelum membahas lebih lanjut definisi segmentasi pasar, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan pasar. Pada umumnya, pasar merupakan tempat jual beli atau tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk mengadakan transaksi. Namun, pada konteks pemasaran atau pada segmentasi pasar ini, definisi pasar berbeda dengan definisi pasar pada umumnya. Menurut Solomon and Stuart, 1997, p. 7. Pasar merupakan semua pelanggan dan pelanggan potensial yang mempunyai kebutuhan umum yang sama dan dapat dipenuhi dengan suatu produk spesifik, sumber-sumber (uang atau barang) untuk ditukarkan, kemauan untuk menciptakan pertukaran dan wewenang untuk menciptakan pertukaran. Sedangkan menurut Churchil