Langsung ke konten utama

Memanfaatkan Media Sosial Untuk Anda Yang Memiliki Bisnis Online!

 

CATATANLIAN – Memasuki era revolusi industri 4.0 dimana pada era ini digitalisasi semakin berkembang dan dunia pemasaran pun mengalami perubahan yang signifikan. Strategi pemasaran yang digunakan saat ini memanfaatkan teknologi digital untuk menarik konsumen atau pembelinya. Dengan adanya kemajuan teknologi ini memungkinkan produsen untuk memasarkan produknya secara online. Ini adalah peluang besar untuk menawarkan produk dan mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya melalui sosial media. 

Apa yang dimaksud Media Sosial?

Media sosial adalah platform digital yang berguna untuk membagikan konten berupa foto, video maupun tulisan dan merupakan platform untuk melakukan aktivitas sosial atau berinteraksi ke sesama penggunanya tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Banyak sekali berbagai macam media sosial yang kita ketahui saat ini seperti instagram, whatsapp, tiktok, twitter, line, facebook, blog dan masih banyak lagi platform media sosial. Melalui platform media sosial ini kita bisa melakukan pemasaran produk atau melakukan aktivitas bisnis lainnya. Pada saat ini media sosial menjadi bagian yang sangat penting untuk meningkatkan interaksi dan pengunjung untuk mengunjungi website atau marketplace bisnis yang kita punya, dengan kata lain media sosial lah yang menghubungkan antara produsen dan konsumen, mengingat sebagian besar masyarakat saat ini adalah pengguna media sosial.

Lalu, Bagaimana memanfaat media sosial untuk bisnis online?

Saat ini media sosial banyak dimanfaat oleh penggunanya untuk memperoleh penghasilan atau melakukan personal branding. Banyak influencer-influencer atau content creator yang menggunakan media sosial untuk membuat konten yang menarik untuk mendapatkan tawaran endorse. Ini sangat bermanfaat sekali untuk mereka yang sangat eksis di dunia sosmed, selain untuk menyalurkan kesenangannya, mereka juga bisa mendapatkan penghasilan. Selain itu, banyak juga mereka yang menggunakan media sosial untuk personal branding. Mereka yang mampu membangun personal branding yang baik, akan memberikan keuntungkan yang memuaskan untuk dirinya sendiri.

Namun, tidak hanya untuk influencer dan personal branding, media sosial juga bisa digunakan untuk kita yang memiliki bisnis online. Kita bisa menawarkan atau memasarkan produk kita lewat platform media sosial ini. Bagaimana caranya ?

1.  Mempunyai akun media sosial

Hal yang paling utama adalah mempunyai akun media sosial terlebih dahulu. Usahakan fokus pada salah satu media sosial saja, bisa fokus pada instagram saja atau instagram dan tiktok atau yang lainnya. Tidak semua akun media sosial kita harus punya untuk bisnis online, karena jika terlalu banyak menyebabkan kita tidak fokus dan bingung.

2.  Melengkapi biodata

Dengan melengkapi biodata dan menautkan link website atau marketplace akan memudahkan kosumen untuk mengunjunginya dan meyakinkan atau memberi kepercayaan konsumen terhadap barang yang kita jual.

3.  Membuat video/foto produk yang menarik

Sebagai langkah yang ketiga, kamu dapat membuat video atau mengunggah foto produk yang menarik dan unik untuk mengembangkan media sosial, menarik followers dan menambah jumlah kunjungan profil.

4.  Membuat konten yang visual

Supaya follower tertarik dan betah untuk melihat konten kita, usahakan memberikan konten yang menyenangkan, mendidik dan informatif. Contohnya jika kamu memasarkan produk fashion, kamu tidak harus langsung memposting bahwa kamu menjual produk fashion, bisa juga dengan menyisipkan cerita tren outfit yang sedang hits, tutorial memilih outfit atau membuat konten outfit of the day (ootd).

5. Menggunakan Social Media Ads

Beberapa platform sekarang sudah menyediakan fitur iklan di dalamnya seperti facebook ads, instagram ads dan lainnya. Kita bisa memanfaatkan fitur ini untuk jangkauan yang lebih luas.

6. Memposting ulasan-ulasan positif konsumen yang sudah menggunakan produk kamu

Dengan memposting komentar-komentar dan ulasan positif konsumen akan memberikan kepercayaan calon konsumen yang baru untuk membeli produk kita.

 

Itulah beberapa tips bagaimana memanfaatkan atau memaksimalkan media sosial kita untuk bisnis dan melakukan hal-hal positif. Mungkin jika sebagian dari kalian masih bingung kita bisa sharing bareng di kolom komentar ya! See youu!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Tentang Affiliate Marketing! Definisi, Cara dan Tips

source : unsplash CATATANLIAN – Istilah affiliate marketing memang sering kita dengar, apalagi kita yang berkecimpung pada dunia bisnis online. Affiliate marketing adalah salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar, secara online dan dalam waktu yang relatif singkat. Affiliate marketing selalu mengarah pada penggunaan afiliasi untuk membantu penjual atau produsen menawarkan atau mempromosikan produk dan layanan kepada calon pembeli atau konsumen. istilah yang sangat populer saat ini adalah endorsement dan paid promote yang banyak dilakukan oleh kalangan anak muda sekarang karena penghasilannya yang sangat menguntungkan. Program affiliate marketing sangat cocok untuk orang-orang yang sangat aktif di media sosial dan memiliki kemampuan untuk membuat konten yang menarik. Yang Dimaksud Affiliate Marketing Affiliate marketing dapat didefinisikan sebagai sistem bisnis yang dimana kita mempromosikan sebuah produk atau layanan dari suatu perusahaan dan ak

Tahapan Strategi Periklanan yang Efektif Dalam Pemasaran Suatu Perusahaan

source : unsplash CATATANLIAN – Periklanan atau advertisement merupakan bagian penting dari setiap strategi periklanan atau branding dan pemasaran suatu produk bisnis. Baik itu menggunakan pemasaran tradisional maupun pemasaran digital untuk mempromosikan atau mengiklankan produk utama yang sudah ada atau produk yang baru diluncurkan oleh suatu perusahaan. Dengan penerapan strategi periklanan yang benar dan efektif, dapat memberikan laba atau keuntungan yang cukup besar bagi suatu perusahaan. Strategi periklanan memungkinkan suatu perusahaan untuk mencapai target pasar yang cocok atau sesuai dengan brand ( prospecting ), membangkitkan minat pelanggan ( customer touch point ) dan mendatangkan brand awareness di kalangan pelanggan. Strategi ini dapat membantu pemasar untuk mengubah prospek (konversi prospek) menjadi pelanggan yang akan membeli atau sales lead dan dapat meingkatkan penjualan serta pendapatan bisnis. Pengertian Strategi Periklanan Strategi periklanan adalah serangka

Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar, Definisi, Tujuan, Jenis dan Syarat

source : unsplash CATATANLIAN – Segmentasi pasar merupakan bagian penting dari bisnis yang dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan. Pada dasarnya, segmentasi pasar merupakan strategi bisnis untuk lebih mengenal target konsumen supaya bisnis dapat berjalan dengan baik. Sebelum membahas lebih lanjut definisi segmentasi pasar, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan pasar. Pada umumnya, pasar merupakan tempat jual beli atau tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk mengadakan transaksi. Namun, pada konteks pemasaran atau pada segmentasi pasar ini, definisi pasar berbeda dengan definisi pasar pada umumnya. Menurut Solomon and Stuart, 1997, p. 7. Pasar merupakan semua pelanggan dan pelanggan potensial yang mempunyai kebutuhan umum yang sama dan dapat dipenuhi dengan suatu produk spesifik, sumber-sumber (uang atau barang) untuk ditukarkan, kemauan untuk menciptakan pertukaran dan wewenang untuk menciptakan pertukaran. Sedangkan menurut Churchil