Langsung ke konten utama

Ingin Bisnis Properti Tapi Tidak Tahu Harus Memulai Darimana? Ini Caranya!

CATATANLIAN – Rumah atau tempat tinggal merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi untuk bertahan hidup. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan untuk memiliki rumah juga semakin bertambah. Bisnis real estate atau bisnis property ini jga semakin berkembang pesat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin memiliki tanah dan rumah.

Belakangan ini banyak masyarakat terutama anak muda yang terjun ke dunia bisnis real estate atau bisnis properti karena memiliki peluang dan keuntungan yang sangat menggiurkan. Real estate atau properti merupakan industri yang hebat dan menarik, karena banyaknya orang sekarang yang mencari rumah setiap hari. Oleh karena itu, bisnis ini sangat berpotensi bahkan untuk pemula sekalipun.

Beberapa orang mungkin masih mengira bahwa memulai bisnis properti, harus dengan cara membeli atau membangun properti dulu untuk disewakan atau dijual. Padahal, bisa dengan memulainya cara bergabung menjadi agen properti dan menawarkan properti yang sudah ada dengan memasang iklan di situs jual beli rumah atau di media sosial yang dimiliki.

Apa Keuntungan Menjadi Pebisnis Properti?

1. Bisnis properti memiliki nilai jual yang selalu naik.

Memiliki nilai jual yang cenderung selalu naik, memberikan keuntungan bagi pebisnis properti. Harga yang terus-menerus naik ini dikarenakan permintaan dan penawaran biasanya tidak seimbang dengan ketersediaan lahan. Selain itu, properti merupakan salah satu aset kekayaan yang tidak akan terpengaruh oleh inflasi.

2. Dapat digunakan menjadi aset.

Keunggulan bisnis properti ini adalah kita tidak perlu takut jika harga sedang turun. Karena penurunan harga tentu akan diikuti dengan permintaan pasar yang tinggi. Ketika harga sudah kembali normal, dapat digunakan sebagai aset berjangka panjang. Bahkan, saat kita membeli rumah pertama, itu sudah dapat digunakan sebagai aset kekayaan dan investasi yang menjanjikan.

3. Memiliki risiko kerugian yang sangat kecil.

Properti sering dianggap sebagai investasi yang memiliki kerugian sangat rendah, karena harga yang cenderug stabil dibandingkan dengan sarana investasi lainnya.

 

Lalu, Bagaimana Caranya Untuk Memulai Bisnis Properti


1. Memiliki modal yang cukup

Walaupun kita tidak memiliki properti, tetapi tetap membutuhkan modal atau anggaran yang cukup dan sesuai dengan model bisnis yang diinginkan. Contohnya, jika kita ingin memulai bisnis dengan menjual apartemen, maka kita harus menyiapkan anggaran yang cukup untuk pembelian, perawatan dan promosi.

2. Melakukan riset pasar

Kita dapat melakukan riset pasar yang berguna dalam menentukan jenis properti yang paling diinginkan konsumen. Bisa juga dengan mengklasifikasikan menurut harga properti, fitur infrastruktur dan lokasi, yang sangat mempengaruhi persewaan atau jual beli.

3. Mengikuti pelatihan mengenai bisnis properti

Untuk kita yang sedang memulai bisnis proprti, tentunya masih awam tentang ranah properti itu sendiri. Maka dari itu, sebaiknya kita mengikuti kelas-kelas pelatihan guna mempersiapkan diri dengan ilmu yang valid. Selain untuk mendapatkan ilmu tentang mengembangkan bisnis properti, kita juga dapat memahami aturan dan hukum mengenai berbisnis.

4. Mulai menjalankan bisnis

Ketika kita sudah memiliki modal yang cukup dari menjadi agen properti, saatnya kita untuk membangun bisnis sendiri. Kegiatan seperti menyewakan aapartemen, kos-kosan, atau rumah dikontrakan, sepertinya menjadi langkah yang sangat tepat untuk memulai usaha.

5. Dapat memaksimalkan kualitas produk

Ketika kita berbisnis harus memperhatikan kualitas produk yang akan kita jual. Dalam dunia bisnis properti, akan lebih bagus jika properti yang ditawarkan memiliki keunggulan, misalnya memiliki fasilitas yang berkualitas tinggi atau lokasi yang sangat strategis.

6. Membangun reputasi bisnis

Kita bisa mengembangan bisnis yang sudah dibuat dengan cara membuat website. Kita dapat memperindah website dengan menambahkan logo, deksripsi dan artikel tentang bisnis yang kita buat. Dari situ kita sudah bisa mulai menggunggah properti yang aka kita tawarkan ke konsumen dengan mencantumkan harga rumah, lokasi, luas bangunan, luas tanah dan detail-detail informasi tentang properti yang ditawarkan.

7. Memperluas jaringan atau networking

Dengan memperluas jaringan, kita dapat lebih mengenal orang-orang yang sudah ahli dalam bidangnya. Dengan cara ini kita dapat meningkatkan skill kita untuk berbisnis dengan baik.


Itulah beberap cara untuk memulai bisnis properti, jika ada yang ingin sharing-sharing bisa ke kolom komentar. See youu!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Tentang Affiliate Marketing! Definisi, Cara dan Tips

source : unsplash CATATANLIAN – Istilah affiliate marketing memang sering kita dengar, apalagi kita yang berkecimpung pada dunia bisnis online. Affiliate marketing adalah salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar, secara online dan dalam waktu yang relatif singkat. Affiliate marketing selalu mengarah pada penggunaan afiliasi untuk membantu penjual atau produsen menawarkan atau mempromosikan produk dan layanan kepada calon pembeli atau konsumen. istilah yang sangat populer saat ini adalah endorsement dan paid promote yang banyak dilakukan oleh kalangan anak muda sekarang karena penghasilannya yang sangat menguntungkan. Program affiliate marketing sangat cocok untuk orang-orang yang sangat aktif di media sosial dan memiliki kemampuan untuk membuat konten yang menarik. Yang Dimaksud Affiliate Marketing Affiliate marketing dapat didefinisikan sebagai sistem bisnis yang dimana kita mempromosikan sebuah produk atau layanan dari suatu perusahaan dan ak

Tahapan Strategi Periklanan yang Efektif Dalam Pemasaran Suatu Perusahaan

source : unsplash CATATANLIAN – Periklanan atau advertisement merupakan bagian penting dari setiap strategi periklanan atau branding dan pemasaran suatu produk bisnis. Baik itu menggunakan pemasaran tradisional maupun pemasaran digital untuk mempromosikan atau mengiklankan produk utama yang sudah ada atau produk yang baru diluncurkan oleh suatu perusahaan. Dengan penerapan strategi periklanan yang benar dan efektif, dapat memberikan laba atau keuntungan yang cukup besar bagi suatu perusahaan. Strategi periklanan memungkinkan suatu perusahaan untuk mencapai target pasar yang cocok atau sesuai dengan brand ( prospecting ), membangkitkan minat pelanggan ( customer touch point ) dan mendatangkan brand awareness di kalangan pelanggan. Strategi ini dapat membantu pemasar untuk mengubah prospek (konversi prospek) menjadi pelanggan yang akan membeli atau sales lead dan dapat meingkatkan penjualan serta pendapatan bisnis. Pengertian Strategi Periklanan Strategi periklanan adalah serangka

Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar, Definisi, Tujuan, Jenis dan Syarat

source : unsplash CATATANLIAN – Segmentasi pasar merupakan bagian penting dari bisnis yang dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan. Pada dasarnya, segmentasi pasar merupakan strategi bisnis untuk lebih mengenal target konsumen supaya bisnis dapat berjalan dengan baik. Sebelum membahas lebih lanjut definisi segmentasi pasar, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan pasar. Pada umumnya, pasar merupakan tempat jual beli atau tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk mengadakan transaksi. Namun, pada konteks pemasaran atau pada segmentasi pasar ini, definisi pasar berbeda dengan definisi pasar pada umumnya. Menurut Solomon and Stuart, 1997, p. 7. Pasar merupakan semua pelanggan dan pelanggan potensial yang mempunyai kebutuhan umum yang sama dan dapat dipenuhi dengan suatu produk spesifik, sumber-sumber (uang atau barang) untuk ditukarkan, kemauan untuk menciptakan pertukaran dan wewenang untuk menciptakan pertukaran. Sedangkan menurut Churchil