Langsung ke konten utama

Tips Agar Berhasil Menjadi Freelancer Agen Properti

CATATANLIAN – Menjadi freelancer agen properti merupakan salah satu profesi yang diminati oleh banyak orang terutama kalangan anak muda karena penghasilannya yang menjanjikan dan memiliki keuntungan yang cukup besar.

Agen properti sendiri merupakan seorang yang bertugas mengelola penjualan bangunan dan tanah, bertanggung jawab untuk membuat materi promosi real estate atau properti yang dijual, bertindak sebagai konsultan pembeli, serta menjadi perantara transaksi antara pemilik properti dan pembeli.

Persyaratan terpenting untuk bekerja sebagai freelance agen properti adalah ketekunan, kejujuran, dan tidak mementingkan diri sendiri. Tentu saja, akan sangat membantu, jika kita mempunyai pengalaman di bidang pemasaran.

Selain itu, seorang freelancer bisa mengatur kecepatan dan tujuan kerjanya sendiri, mengingat freelancer atau yang disebut pekerja lepas tidak berafiliasi dengan perusahaan atau badan bisnis tertentu. Profesi ini menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang yang ingin kerja paruh waktu.

Beberapa Cara Untuk Menjadi Freelancer Agen Properti Yang Sukses

Namun, untuk menjadi freelancer agen properti yang sukses dengan penghasilan yang tinggi tentu tidak mudah karena profesi yang agak berat. Properti sendiri adalah aset kekayaan yang berharga, jadi untuk menjualnyapun tentu bukan masalah yang sepele. Berikut cara untuk menjadi freelancer agen properti yang sukses :

1. Secara Intens Menghadiri Seminar Tentang Bisnis Properti

Pengetahuan tentang produk menjadi hal yang sangat penting. Tentunya seorang agen properti harus memiliki pengetahuan yang baik tentang produk yang akan dipasarkan atau ditawarkan pada kliennya. Untuk mengasah skill dan meningkatkan pemahaman tentang produk adalah dengan intens mengikuti seminar tentang real estate atau properti.

2. Memperluas Jaringan Relasi dan Membangun Portofolio

Ada dua cara untuk membangun portofolio, yang pertama yaitu menemukan mentor dan menggunakan jaringan networking atau relasi pribadi. Menurut Barbara Kennon pada National Association of Realtors, mengatakan  bahwa dengan menemukan mentor yang tepat sangat penting untuk menjadi penjual properti pertama kali. Mentor tersebut bertugas untuk memandu dalam proses jual beli dan memberitahu cara menarik klien dengan cepat.

Yang kedua yaitu, dapat memanfaatkan orang terdekat seperti keluarga, teman atau suadara jauh yang akan berencana menjual rumah, properti atau apartemen mereka dengan menawarkan jasa agen peoperti yang sudah kita bangun.

3. Aktif Bermain Di Media Sosial

Dengan aktif di media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lain-lain. Kita dapat menawarkan atau memasarkan properti yang dijual, supaya mendapatkan jangkauan yang lebih luas lagi.

4. Memperluas Pengetahuan

Untuk menjadi seorang freelancer agen properti kita biasanya juga dituntut untuk menjadi konsultan untuk calon pembeli atau konsumen. Oleh karena itu, kita harus memiliki banyak pengetahuan supaya dapat memberikan informasi yang akurat untuk klien atau calon pembeli. Jika memiliki informasi yang lengkap, kita semakin percaya diri untuk menghadapi berbagai persoalan yang mungkin muncul pada pekerjaan, akan selalu up to date dengan tren terkini dan yang terpenting dapat membuka peluang untuk karir yang semakin tinggi.

5. Bergabung Sebagai Freelancer Agen Properti di Suatu Agensi

Ketika bergabung di salah satu agensi yang terpercaya, akan memberi peluang besar untuk mendapatkan listing properti yang lebih banyak. Serta, mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan khusus yang diberikan dari agensi tersebut, walaupun hanya seorang freelancer saja.

 

Kelebihan dan Kekurangan Sebagai Freelancer Agen Properti

Kelebihan

Menjadi seorang freelancer agen properti yang tidak terikat kontrak oleh perusahaan atau agensi akan bebas untuk mengatur kecepatan kerja dan dan target kerjanya sendiri. Selain itu, komisi dari penjualan dan pembelian properti seorang freelancer akan dibayarkan penuh. Dengan kata lain, mereka tidak perlu membayar persentase kepada perusahaan atau agensi di tempat mereka bekerja.

Kekurangan

Kekurangan menjadi freelancer yaitu harus mengurus semuanya sendiri, dari mencari iklan, menyiapkan dokumen untuk kerja sama, membuat dan mengelola komunikasi, memantau transaksi jual beli hingga selesai. Jika profesi freelancer agen properti ini dijadikan pekerjaan utama, harus bekerja keras untuk menemukan properti sebanyak-banyaknya agar penghasilan dari pekerjaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena seberapa tinggi pendapatan, tergantung oleh tingkat kinerja dan usaha dalam bekerja.

 

 

 

 

Komentar

  1. Komisi dari agen properti ini kliatannya besar Yaa. Aku sendiri pake jasa agen properti skr ini mba, utk jualin apartemen, dan rumahku yang kebetulan kosong. Drpd ga ditempati, malah rusak. Mau disewain juga blm dpt. Sekalian aja jual.

    Mau jual sendiri blm memungkinkan sih utk fokus kesana, Krn aku dan suami ada kerjaan utama juga. Makanya kami pakai agen properti yg kebetulan temen sendiri. Semoga aja bisa cepet :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Tentang Affiliate Marketing! Definisi, Cara dan Tips

source : unsplash CATATANLIAN – Istilah affiliate marketing memang sering kita dengar, apalagi kita yang berkecimpung pada dunia bisnis online. Affiliate marketing adalah salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar, secara online dan dalam waktu yang relatif singkat. Affiliate marketing selalu mengarah pada penggunaan afiliasi untuk membantu penjual atau produsen menawarkan atau mempromosikan produk dan layanan kepada calon pembeli atau konsumen. istilah yang sangat populer saat ini adalah endorsement dan paid promote yang banyak dilakukan oleh kalangan anak muda sekarang karena penghasilannya yang sangat menguntungkan. Program affiliate marketing sangat cocok untuk orang-orang yang sangat aktif di media sosial dan memiliki kemampuan untuk membuat konten yang menarik. Yang Dimaksud Affiliate Marketing Affiliate marketing dapat didefinisikan sebagai sistem bisnis yang dimana kita mempromosikan sebuah produk atau layanan dari suatu perusahaan dan ak

Tahapan Strategi Periklanan yang Efektif Dalam Pemasaran Suatu Perusahaan

source : unsplash CATATANLIAN – Periklanan atau advertisement merupakan bagian penting dari setiap strategi periklanan atau branding dan pemasaran suatu produk bisnis. Baik itu menggunakan pemasaran tradisional maupun pemasaran digital untuk mempromosikan atau mengiklankan produk utama yang sudah ada atau produk yang baru diluncurkan oleh suatu perusahaan. Dengan penerapan strategi periklanan yang benar dan efektif, dapat memberikan laba atau keuntungan yang cukup besar bagi suatu perusahaan. Strategi periklanan memungkinkan suatu perusahaan untuk mencapai target pasar yang cocok atau sesuai dengan brand ( prospecting ), membangkitkan minat pelanggan ( customer touch point ) dan mendatangkan brand awareness di kalangan pelanggan. Strategi ini dapat membantu pemasar untuk mengubah prospek (konversi prospek) menjadi pelanggan yang akan membeli atau sales lead dan dapat meingkatkan penjualan serta pendapatan bisnis. Pengertian Strategi Periklanan Strategi periklanan adalah serangka

Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar, Definisi, Tujuan, Jenis dan Syarat

source : unsplash CATATANLIAN – Segmentasi pasar merupakan bagian penting dari bisnis yang dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan. Pada dasarnya, segmentasi pasar merupakan strategi bisnis untuk lebih mengenal target konsumen supaya bisnis dapat berjalan dengan baik. Sebelum membahas lebih lanjut definisi segmentasi pasar, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan pasar. Pada umumnya, pasar merupakan tempat jual beli atau tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk mengadakan transaksi. Namun, pada konteks pemasaran atau pada segmentasi pasar ini, definisi pasar berbeda dengan definisi pasar pada umumnya. Menurut Solomon and Stuart, 1997, p. 7. Pasar merupakan semua pelanggan dan pelanggan potensial yang mempunyai kebutuhan umum yang sama dan dapat dipenuhi dengan suatu produk spesifik, sumber-sumber (uang atau barang) untuk ditukarkan, kemauan untuk menciptakan pertukaran dan wewenang untuk menciptakan pertukaran. Sedangkan menurut Churchil